Pembelajaran Matematika 

Sekolah Dasar  

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memegang peranan penting dalam pendidikan (Sumirattana, S., Makanong, A., &Thipkong, S., (2017: 307). Pengembangan ilmu matematika tidak lepas dari esensi filsafat hermeneutika. Hermeneutika dapat diartikan sebagai metode hidup atau membangun hidup. Berdasarkan pandangan Kant (1990), matematika terdiri dari dua komponen yaitu matematika rasionalisme dan empirisme.

Matematika rasionalisme merupakan matematika murni yang memfokuskan pengembangan ilmu matematika dari aspek rasionalitas, deduksi, aksiomatik atau abstrak. Salah satu objek kajian matematika murni adalah pengembangan ilmu matematika yang konsisten dan logis dari Euclied, misalnya adalah konsistensi dari hukum geometri.  Matematika rasionalisme sesuai untuk Perguruan Tinggi.

Matematika empiris merupakan matematika yang memiliki objek kajian yang didasari pada aspek realitas, empiris atau konkret. Matematika empirisme menekankan pengalaman untuk memperoleh pengetahuan. Matematika empirisme ini digunakan sebagai matematika sekolah yang sesuai dengan karakteristik peserta didik pada jenjang pendidikan dasar.

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memegang peranan penting dalam pendidikan (Sumirattana, S., Makanong, A., &Thipkong, S., (2017: 307). Pengembangan ilmu matematika tidak lepas dari esensi filsafat hermeneutika. Hermeneutika dapat diartikan sebagai metode hidup atau membangun hidup. Berdasarkan pandangan Kant (1990), matematika terdiri dari dua komponen yaitu matematika rasionalisme dan empirisme.

Matematika rasionalisme merupakan matematika murni yang memfokuskan pengembangan ilmu matematika dari aspek rasionalitas, deduksi, aksiomatik atau abstrak. Salah satu objek kajian matematika murni adalah pengembangan ilmu matematika yang konsisten dan logis dari Euclied, misalnya adalah konsistensi dari hukum geometri.  Matematika rasionalisme sesuai untuk Perguruan Tinggi.

Matematika empiris merupakan matematika yang memiliki objek kajian yang didasari pada aspek realitas, empiris atau konkret. Matematika empirisme menekankan pengalaman untuk memperoleh pengetahuan. Matematika empirisme ini digunakan sebagai matematika sekolah yang sesuai dengan karakteristik peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Dengan demikian perlu dikaji tentang pembelajaran matematik sekolah dasar berdasarkan teori belajar matematika, teknik mengajar matematika dan alat peraga dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. 

Materi tentang teori belajar matematika sekolah dasar dapat diakses dalam link berikut Materi Teori Belajar Matematika SDMateri tentang alat peraga pembelajaran matematika sekolah dasar dapat diakses dalam link berikut Materi Alat Peraga Matematika Sekolah Dasar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKEMA/PETA KONSEP FILSAFAT TEORI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

REVIEW SKEMA/PETA KONSEP FILSAFAT, TEORI DAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN