REVIEW TUGAS B MEMBUAT JUDUL PENELITIAN KECIL, JUDUL ARTIKEL DAN JUDUL DRAFT DISERTASI

 

A.    Judul Penelitian Kecil :

Eksplorasi Etnomatematika Berbasis Permainan Tradisional Jawa Tengah dalam Mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar

Judul Artikel :

Case on Higher Order Thinking Skills: Exploration of Ethnomatematics of Tradition Game In Central Java

Review :

Tingkatan eksplorasi. Eksplorasi merupakan penelitian dengan tingkat saintifik yang rendah karena dapat dilakukan oleh peneliti yang tidak ahli dalam bidangnya. Metode eskplorasi merupakan metode angket, survei, atau data lapangan. Metode ini dilakukan dalam scope kecil, tidak cukup untuk jenjang S1, S2 dan S3. Tempat penelitian terlalu luas, tidak spesifik sehingga dapat memberikan pemahaman yang berbeda. Scope penelitian dapat diganti yang spesifik yaitu “ Permainan Benthik”.

 

Revisi Judul Penelitian dan Judul Artikel :

Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika melalui Permainan Benthik  di Sekolah Dasar

 

Rancangan Draf Proposal :

Latar Belakang

Latar belakang akan memuat konten meliputi 1) Kondisi ideal  Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar, 2) Kenyataan di lapangan tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar, 3) Analisis penyebab dan dampak rendahnya Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar, 4) Solusi : Permainan Benthik di Sekolah Dasar untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika.

Rumusan Masalah

Apakah ada peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika melalui permainan bentik di Sekolah Dasar? 

Tujuan Penelitian 

Mengetahui Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika melalui Permainan Benthik  di Sekolah Dasar

Manfaat Penelitian

1.     Meningkatkan higher order thinking skills (hots) matematika peserta didik sekolah dasar melalui permainan benthik .

2.     Meningkatkan kemampuan guru dalam  mengimplementasikan permainan Benthik  untuk dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) matematika di sekolah dasar.

3.     Menambah referensi tentang permainan benthik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Studi Pustaka

1.     Hakikat Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar

a.     Pengertian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar

b.     Faktor yang mempengaruhi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar

c.     Ruang Lingkup Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar

d.     Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar

2.     Hakikat Permaian Benthik

a.     Pengertian permainan benthik.

b.     Tata cara permainan bentik

c.     Manfaat permainan benthik

d.     Materi Matematika dalam permainan benthik

3.     Implementasi permaianan bentik dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar.

Metode Penelitian

    Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-experimental, dimana desain percobaannya tidak mencakupi semua syarat dari suatu desain percobaan sebenarnya. Kemudian dari beberapa desain pre-experimental, peneliti memilih menggunakan desain one group pretest-posttest, yaitu perlakukan dikenakan pada satu kelompok unit percobaan tertentu, kemudian diadakan penggukuran terhadap variabel dependen. Dalam percobaan ini hanya menggunakan satu kelompok unit percobaan tanpa adanya kontrol.

 

O1

X

O2

Pre-test

Treatment

Post-Test

(Sugiyono, 2017)

 

Populasi dan sampel yang telah ditetapkan ialah peserta didik sekolah Dasar di Yogyakarta. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini ialah guru peserta didik sekolah Dasar di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang dipilih peneliti ialah probability sampling, dimana teknik probability sampling ialah teknik yang memberi kesempatan yang sama bagi populasi supaya dipilih menjadi anggota sampel.

Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini yakni teknik tes.  Setelah nilai tes awal dan tes akhir pada kelas diketahui,  kemudian  dihitung  peningkatan  antara tes awal dan tes  akhir untuk  mendapatkan  nilai  gain  ternormalisasi. Untuk  menguji  efektivitas permainan digunakan perhitungan manual yaitu dengan rumus efektivitas N-Gain sebagai berikut.

Kategori nilai setelelah dihitung dengan N-Gain (Sugiyono, 2015) dapat dilihat pada Tabel, 2 sebagai berikut:

Tabel. Normalisasi N-Gain

<g>

Kategori

≥ 0.7

Tinggi

0,3 < (<g>) < 0,7 (<g>)

Sedang

< 0,3

Rendah

(Sugiyono, 2015)

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dikatakan peningkatan  HOTS tinggi jika N gain score ≥ 0,7. Sedangkan dikatakan sedangkan jika N gain score 0,3 < (<g>) < 0,7. Dikatakan rendah jika N gain score < 0,3.

 

B.    Judul Draf Disertasi :

Pilihan 1:

Identifikasi Pengetahuan Sintetik Matematika Pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar

Pilihan 2:

Karakteristik Imajinasi Matematika Pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar

 

 

 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKEMA/PETA KONSEP FILSAFAT TEORI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

REVIEW SKEMA/PETA KONSEP FILSAFAT, TEORI DAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN