REVIEW TUGAS B MEMBUAT JUDUL PENELITIAN KECIL, JUDUL ARTIKEL DAN JUDUL DRAFT DISERTASI
A.
Judul
Penelitian Kecil :
Eksplorasi Etnomatematika Berbasis Permainan Tradisional Jawa Tengah dalam Mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar
Judul
Artikel :
Case on Higher Order Thinking Skills: Exploration of Ethnomatematics of Tradition Game In Central Java
Review :
Tingkatan eksplorasi. Eksplorasi merupakan penelitian dengan tingkat saintifik yang rendah karena dapat dilakukan oleh peneliti yang tidak ahli dalam bidangnya. Metode eskplorasi merupakan metode angket, survei, atau data lapangan. Metode ini dilakukan dalam scope kecil, tidak cukup untuk jenjang S1, S2 dan S3. Tempat penelitian terlalu luas, tidak spesifik sehingga dapat memberikan pemahaman yang berbeda. Scope penelitian dapat diganti yang spesifik yaitu “ Permainan Benthik”.
Revisi
Judul Penelitian dan Judul Artikel :
Meningkatkan
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Matematika melalui Permainan Benthik di
Sekolah Dasar
Rancangan Draf Proposal :
Latar Belakang
Latar
belakang akan memuat konten meliputi 1) Kondisi ideal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar, 2)
Kenyataan di lapangan tentang Higher
Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar, 3) Analisis
penyebab dan dampak rendahnya Higher
Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar, 4) Solusi :
Permainan Benthik di Sekolah Dasar untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika.
Rumusan Masalah
“Apakah ada peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika melalui permainan bentik di Sekolah Dasar?
Tujuan Penelitian
Mengetahui Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika melalui Permainan Benthik di Sekolah Dasar
Manfaat Penelitian
1. Meningkatkan
higher order thinking skills (hots)
matematika peserta didik sekolah dasar melalui permainan benthik .
2. Meningkatkan
kemampuan guru dalam mengimplementasikan
permainan Benthik untuk dapat
meningkatkan Higher Order Thinking Skills
(HOTS) matematika di sekolah dasar.
3. Menambah
referensi tentang permainan benthik dalam pembelajaran matematika di sekolah
dasar.
Studi
Pustaka
1. Hakikat
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Matematika di Sekolah Dasar
a. Pengertian
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Matematika di Sekolah Dasar
b. Faktor
yang mempengaruhi Higher Order Thinking
Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar
c. Ruang
Lingkup Higher Order Thinking Skills
(HOTS) Matematika di Sekolah Dasar
d. Penilaian
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Matematika di Sekolah Dasar
2. Hakikat
Permaian Benthik
a. Pengertian
permainan benthik.
b. Tata
cara permainan bentik
c. Manfaat
permainan benthik
d. Materi
Matematika dalam permainan benthik
3. Implementasi
permaianan bentik dalam Meningkatkan Higher
Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di Sekolah Dasar.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-experimental, dimana desain percobaannya tidak mencakupi semua syarat dari suatu desain percobaan sebenarnya. Kemudian dari beberapa desain pre-experimental, peneliti memilih menggunakan desain one group pretest-posttest, yaitu perlakukan dikenakan pada satu kelompok unit percobaan tertentu, kemudian diadakan penggukuran terhadap variabel dependen. Dalam percobaan ini hanya menggunakan satu kelompok unit percobaan tanpa adanya kontrol.
O1 |
X |
O2 |
Pre-test |
Treatment |
Post-Test |
(Sugiyono,
2017)
Populasi dan sampel yang
telah ditetapkan ialah peserta didik sekolah Dasar di Yogyakarta. Sampel yang akan digunakan dalam
penelitian ini ialah guru peserta didik sekolah Dasar di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang dipilih
peneliti ialah probability sampling,
dimana teknik probability sampling
ialah teknik yang memberi kesempatan yang sama bagi populasi supaya dipilih
menjadi anggota sampel.
Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini yakni teknik tes. Setelah nilai tes awal dan tes akhir pada kelas diketahui, kemudian dihitung peningkatan antara tes awal dan tes akhir untuk mendapatkan nilai gain ternormalisasi. Untuk menguji efektivitas permainan digunakan perhitungan manual yaitu dengan rumus efektivitas N-Gain sebagai berikut.
Kategori nilai setelelah dihitung dengan N-Gain (Sugiyono, 2015) dapat dilihat pada Tabel, 2 sebagai berikut:
Tabel. Normalisasi N-Gain
<g> |
Kategori |
≥ 0.7 |
Tinggi |
0,3 < (<g>) <
0,7 (<g>) |
Sedang |
< 0,3 |
Rendah |
(Sugiyono, 2015)
Berdasarkan hasil
penelitian di atas, maka dapat dikatakan peningkatan HOTS tinggi jika N gain score ≥ 0,7. Sedangkan dikatakan sedangkan jika N gain score 0,3 < (<g>) <
0,7. Dikatakan rendah jika N gain score < 0,3.
B.
Judul
Draf Disertasi :
Pilihan
1:
Identifikasi Pengetahuan Sintetik
Matematika Pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar
Pilihan
2:
Karakteristik Imajinasi Matematika
Pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih sudah memberikan komentar, saran, serta dukungan